Apa sih manfaat dari sistem informasi itu?
Sistem informasi dibuat dan dibangun dengan baik agar
meningkatkan produktivitas, menghilangkan kegiatan yang tidak memiliki manfaat,
meningkatkan layanan, mengkoordinasikan setiap bagian dalam perusahaan serta
meningkatkan kualitas kebijakan dalam manajemen.
Sedangkan secara umum manfaat Sistem Informasi dapat
dikategorikan dengan manfaat berwujud (tangible benefit) dan manfaat tak
berwujud (intangible benefit). Berikut saya membahas sedikit tentang manfaat
berwujud (tangible benefit) dan manfaat tak berwujud (intangible benefit).
Manfaat Berwujud
(tangible benefit)
Sebuah sistem informasi yang dibangun dan dipelihara
dengan baik akan memberikan manfaat berwujud yang secara fakta dapat dilihat
pergerakannya melalui pendapatan yang diraih serta biaya yang dikeluarkan oleh
perusahaan maupun organisasi bisnis. Indikator dari keberhasilan/manfaat yang
berdampak pada peningkatan pendapatan dengan meningkatnya penjualan dalam
pasar, serta mengalami perluasan pasar.
Sistem informasi yang baik dapat digunakan tidak hanya
untuk penyimpanan data secara elektronik saja tetapi harus mampu mendukung
proses analisis yang diperlukan oleh manajemen, karena dengan adanya laporan
yang tersaji dengan cepat dan setiap saat dapat diakses tersebut maka
keputusan-keputusan yang diambil pun dapat lebih cepat dan tepat terhadap
dinamika pasar yang ada.
Sedangkan dari sisi pengurangan biaya dapat dilakukan
analisis faktual atas pengurangan jumlah sumber daya manusia yang dilibatkan
dalam bisnis, pengurangan biaya operasional seperti pasokan maupun overhead,
pengurangan barang/material dalam stok gudang, pengurangan biaya pemeliharaan
dan penyediaan perlengkapan yang tidak terlalu mahal.
Contoh dari pengurangan jumlah sumber daya manusia
adalah dalam proses pencatatan transaksi keuangan. Jika sebelumnya proses di
akunting harus dikelola minimalnya oleh lima orang maka dengan implementasi SIA
(sistem informasi akuntansi) yang baik cukup dikerjakan oleh satu orang saja.
Hal ini disebabkan dengan SIA yang terintegrasi maka setiap proses pembukuan
dapat diproses langsung dari masing-masing bagian terkait tanpa harus melalui
proses pengisian ulang data. Selain itu secara otomatis dengan penerapan SIA
maka laporan-laporan keuangan dapat disajikan berdasarkan data-data transaksi
tersebut tanpa re-entry.
Manfaat Tak Berwujud
(intangible benefit)
Seringkali manfaat tak berwujud ini menjadi titik
kritis pada jalannya roda bisnis sebuah perusahaan. Karena bersifat tak
berwujud, aspek-aspek ini seringkali diabaikan, contohnya:
1.
Peningkatan kepuasan konsumen
Misalkan Anda datang ke sebuah Minimarket. Mana yang
kira-kira akan Anda pilih sebagai tempat berbelanja, minimarket yang waktu
antrian di kasirnya lebih singkat atau sebaliknya? Tentunya Anda akan memilih
yang pertama sekalipun mungkin harus membayar sedikit lebih mahal dibandingkan
dengan minimarket kedua. Ternyata minimarket pertama sudah menerapkan sistem
informasi penjualannya yang lebih cepat dalam pemrosesan dan kemudahan
pemasukan datanya.
2.
Peningkatan kepuasan karyawan
Seringkali muncul dari pihak karyawan yang merasa
haknya tidak terpenuhi seperti misalkan insentif lemburnya. Ternyata hal ini
terjadi akibat kesalahan perhitungan pihak manajemen yang masih melakukannya
secara manual atau dengan sistem pemasukan ulang data. Padahal jika misalkan
perusahaan menyediakan sistem absensi yang terintegrasi dalam sistem informasi
kepegawaian dan SIA maka secara otomatis dapat dibuat laporan insenstif yang
lebih akurat dan benar. Hal tersebut baru salah satu contoh di luar misalkan
perhitungan angka kredit, hak cuti, jenjang karier, pendidikan dan latihan,
dsb.
3.
Peningkatan mutu dan jumlah informasi
Informasi adalah komponen penting di saat ini. Anda
yang kuasai informasi akan bertindak lebih responsif terhadap perubahan yang
ada dan tren yang akan datang. Penerapan sistem informasi yang baik tentunya
akan menghasilkan data yang telah dikelola sehingga berkualitas. Hal tersebut
dapat diwujudkan karena setiap proses pembuatan laporan tersebut dilakukan
secara otomatis oleh mesin komputer.
4.
Peningkatan mutu dan jumlah keputusan manajemen
Setiap pengambilan keputusan, bergantung kepada
informasi yang mendukung kebijakan yang akan diambil. Hal tersebut hanya dapat
terwujud jika sistem informasi dapat menyajikan informasi yang relevan, akurat,
terkini dan dapat diambil setiap saat dan kapanpun.
Perbedaan
siakad.akakom.ac.id dengan sistem portal akademik lain.
Siakad.akakom adalah situs
sistem portal akademik yang dimiliki STMIK AKAKOM, Siakad merupakan portal yang
dapat diakses dari mana saja, dengan menggunakan internet, berbeda dari portal yang
dimiliki universitas lain, portal tersebut hanya bisa diaksees dari komputer
yang disediakan di kampus tersebut, maka bila hari krs pastinya para siswa akan
bertumpuk dan mengantri yang cukup lama, dan dari segi design Siakad.akakom
memiliki design yang simpel jadi siswa dapat
mengatur perkuliahan dengan mudah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar